Pengaruh Sudut Lengkung Kipas Pompa Air Tenaga Angin Terhadap Torsi Gear System

Kipas/ Blade adalah komponen pada pompa air tenaga angin (PATA) yang berguna untuk menangkap energi angin dari berbagai arah mata angin. Energi ini di tangkap oleh daun-daun kipas yang tersusun dengan sudut kemiringan tertentu. Sudut kemiringan ini perpengaruh seberapa kekuatan angin yang ada dilokasi diaplikasikan PATA. Sudut kemiringan ini juga dapat dipergunakan sebagai pengaman dimana saat terjadi potensi berlebih, angin topan dan badai, sehingga mesin dan sistem PATA dapat diselamatkan. Sistem pengaman ini terdiri dari sistem sensor kecepatan angin, diteruskan pada sistem pengolah, sistem pengolah menjalankan sistem mekanik hidrolis untuk mengubah sudut kipas pada posisi tertentu.



Sudut Kipas disisi fungsingya sebagai penangkap energi dan pengaman, disisi hasil berpengaruh terhadap kekuatan putar/gerak sistem gearbox. Kekuatan gerak yang dihasilkan oleh gearbok untuk mengangkat sistem pompa tergantung juga pada posisi sudut kipas saat menaangkap energi. Dengan melihat runtutan posisi penting sudut kipas, kedepan desain PATA yang baik adalah mampu menyesuaikan potensi yang ada di lokasi diaplikasikanya pompa, dengan menghasilkan energi yang mendekati kebutuhan pada sisi pemanfaatan. Akan ada pada hari ini dan kedepan  istilah smart control pada  sistem kipas pompa air tenaga angin. PATA, semoga terealisasi

Comments

  1. Tank's atas tulisannya,semoga mendapat kebaikan yang lebih berlipat,

    ReplyDelete
  2. Saya tertarik untuk mengembangkan ini di daerah rawan bencana di Sulawesi tengah. Apakah Bapak/Ibu bisa memberikan pelatihan dan pemasangan di Palu? Estimasi biaya yang perlu kami siapkan berapa?

    Untuk pemasangan 2 unit pompa tenaga angin (masing-2 sumur bor kedalaman 15 meter dan untuk suplai air bersih tiap sumur 20 KK)

    ReplyDelete
  3. terima kasih kunjungannya di blog kami, maaf agak lama responya,.untuk lebih detail silakan komunikasi dengan kami melalui WA / call di 081 335 981 650

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pompa Hidram

Cara Membuat Pumpa Air Tenaga Angin

Bagaimana Sistem Pompa Hibrida Terkoneksi dengan IoT